Thursday, March 4, 2021

Kraetif dan Proses Belajar Seumur Hidup

Menjadi kreatif sama dengan menantang diri untuk belajar terus. Belajar seumur hidup. Bagian dari belajar adalah mengamati hasil kreasi orang lain. Menikmati dan memperhatikan detail yang dihasilkan dari proses kreatif yang dilakukannya. Mencari tahu bagaimana ia bisa menghasilkan produk sebagus itu.

Saat ini tersedia berbagai aplikasi yang memudahkan proses kreatif utamanya yang melibatkan penggunaan gadget. Dimulai dari produksi video, musik, presentasi, publikasi, photografi, desain bangunan sampai desain interior, pencatatan keuangan, perencanaan pembelajaran, kelas maya, pasar, sampai projek masif yang melibatkan ribuan manusia menjadi sangat mudah diselenggarakan. Mungkin masih banyak aplikasi baru yang belum saya kenal. Akan sangat menyenangkan jika kita mengetahui berbagai aplikasi yang akan memudahkan pekerjaan kita.

Apakah kreatif selalu berhubungan dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi? Tentu saja tidak. Seperti artikel yang saya tulis sebelumnya http://bungaketimun.blogspot.com/2020/12/proses-kreatif.html, proses kreatif ternyata hadir karena "tuntutan pemenuhan kebutuhan". Memang terkadang butuh "kepepet" agar kreatifitas dalam diri kita lahir. Memaksa diri sendiri untuk menghadirkan ide yang menjadi langkah awal untuk menghasilkan kreasi di tengah berbagai hambatan.

Berikut ini saya akan menampilkan beberapa produk render dari desain bangunan yang saya buat menggunakan homestyler new version. Sejujurnya, saya sempat merasa buntu karena ada beberapa pembaharuan yang tidak saya kuasai untuk menghasilkan produk seperti yang saya buat di versi lama. Setiap hari saya pelajari dan alhamdulillah sedikit-sedikit thumbnail di aplikasi ini dapat saya kuasa bahkan lebih baik dari sebelumnya. Apa relevansinya dengan pekerjaan saya di sekolah Saga Lifeschool? Sangat berhubungan karena dibutuhkan ide segar dan pemikiran jangka panjang dalam pengawasan dan perencanaan program di sekolah. Coba deh belajar sesuatu yang baru dan nikmati. Jangan bilang buang-buang waktu, karena proses yang kita jalani sejatinya mengajarkan diri kita kemampuan untuk berpikir lebih dalam dan lebih kreatif.












No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...