Wednesday, December 2, 2020

Kisah untuk Diceritakan

Seorang guru selalu punya kisah untuk diceritakan. Pendengar terbaik kisahnya adalah pemilik hati yang bening dan mencintai para guru apa adanya. Mereka yang merangkul sebelum meminta. Mereka yang senyumnya menularkan kebahagiaan sepanjang hari. Mereka yang bahkan bukan darah daging sendiri, tapi begitu terpaut. Rapat. Dalam. Berbahagialah para guru dengan muridnya di kelas-kelas yang berubah wujud menjadi dunia mereka sendiri. Berbahagialah para guru di Saga Lifeschool, tempat saya beraktifitas, juga para guru di seluruh penjuru dunia atas kecintaan yang tulus dari hati setiap anak.

Ketika seorang guru bercerita mengenai perjalanannya ke sebuah tempat melalui jalur darat, maka imajinasi seorang anak bisa muncul sebegitu detil. Apa yang dikenakan sang guru, bawa apa saja, melihat apa saja selama di perjalanan, duduk di sebelah siapa, berhenti di mana, dan lain sebagainya. Sebagian anak lain sebelum sempat membayangkannya sudah terlebih dulu menanyakan semua pertanyaan itu. Berbondong-bondong membuat cerita yang baru saja dimulai melebar kemana-mana bahkan lebih seru dari perjalanan sang guru sebenarnya. Setidaknya, inilah yang saya perhatikan di Saga Lifeschool.

Memilih cerita dari kisah yang kita ketahui butuh ketelitian. Walau dalam proses penyampaiannya terlihat sederhana, namun tiap anak akan menangkap pesan di balik itu melalui sudut pandang yang terbangun secara pribadi. Sudut pandang yang dipengaruhi oleh pengalamannya, oleh pola asuh yang ia terima selama ini. Maka, perlu bagi tiap guru yang bercerita memilah cerita yang memiliki hikmah di baliknya. Ijinkan setiap anak untuk memberi pendapat dan bertanya. Masyaallah indah sekali. Tidak perlu waktu lama, tiga puluh menit akan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu setiap anak untuk mendengarkan cerita sang guru. Tiga puluh menit itu akan menjadi masa yang mempengaruhi karakternya.

Menceritakan kisah yang sederhana ternyata tidak sederhana efeknya. Oleh karena itu, dibutuhkan kebahagiaan ketika melakukannya sehingga kegiatan bercerita menjadi menyenangkan. Menjadi jalan untuk saling mengkoneksi kebahagiaan. Selamat menceritakan kisah dan mengabadikannya dalam proses berbagi cerita bersama para bintang kecil di sekolah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...