Tuesday, December 1, 2020

Mengasah Kedua Mata Kapak

Banyak melakukan kegiatan dengan banyak variasi menuntun kita untuk mengetahui prosentase enjoy, easy, excellent, dan earn atau yang biasa disebut 4E dari kegiatan-kegiatan tersebut. Memang sejak dini sebaiknya setiap anak melakukan banyak kegiatan agar mereka dapat menyatakan 4E (gue banget) paling dominan di jenis kegiatan seperti apa. Kemudian, muncul pertanyaan, apakah kegiatan yang tidak gue banget tidak perlu dikuasai? Misalnya memasak, berjualan, merawat orang sakit adalah kegiatan yang tidak disukai (tidak enjoy), tidak dikuasai (tidak excellent), maka tidak perlu dilatihkan? Sebaiknya beberapa hal tetap dilatihkan jika terkait dengan lifeskill ketika keterampilan tersebut menunjang kebutuhan untuk bertahan hidup. Oleh sebab itu, Saga Lifeschool  melibatkan siswa dalam melakukan banyak kegiatan.

Suka atau tidak suka, setiap orang harus bisa memasak untuk memenuhi hajat hidupnya yang vital, yaitu makan. Terlepas dari di luaran sana sangat mudah bagi kita untuk mencari makanan siap santap, memasak tetap harus dikuasai. Ibarat mengasah mata kampak, kita mengasah di keduanya tidak hanya di bagian yang tajam saja. Siswa kaan dilibatkan dengan kegiatan memasak dimulai dari belanja bahan makanan, menyiapkan bahan masakan, menyiapkan bahan penunjang dan bumbu, menyalakan kompor hingga proses masak dilakukan sampai makanan siap dinikmati adalah rangkaian yang harus dikuasi tiap orang dan dilatihkan sejak kecil. Kita tidak tahu sampai kapan bisa membantu mereka memenuhi kebutuhan dasarnya. Dengan Saga Lifeschool juga sekolah lainnya  melatihkan keterampilan dasar seperti ini insyaallah tiap anak akan tumbuh menjadi manusia mandiri yang keberlangsungan hidupnya tidak bergantung pada orang lain.

Untuk anak-anak yang ternyata menemukan 4Enya di kegiatan memasak, mereka akan dengan sendirinya melibatkan diri dengan dunia memasak. Ia akan mencoba banyak masakan, mencari dan mencoba berbagai resep, menawarkan orang untuk mencoba masakannya, sehingga pada akhirnya produk masakannya memperoleh penghargaan tertentu baik secara emosional maupun finansial. Penajaman ini baru akan dilakukan pada akhir level SMP dan awal SMA di Saga Lifeschool. Level SD sampai awal SMP siswa akan dilibatkan dengan banyak kegiatan dan petualangan. Mereka akan “pernah” dan “sering” melakukan “banyak hal”. Terkadang mereka membutuhkan usaha agak lebih dibandingkan kawannya yang lain ketika melakukan kegiatan baru. Di lain waktu dan lain kegiatan mereka berbinar dan tampak tidak lelah.  Tidak mengapa, setiap fasilitator yang baik akan mendampingi sepenuh hati sampai mereka dapat menyimpulkan pembelajaran apa yang diperoleh selama berkegiatan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...