Tuesday, December 15, 2020

Parenting dan Sekolah

Setiap orang tua berharap dapat menyajikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya. Mereka paham sepenuhnya, pendidikan menjadi salah satu bekal dalam melanjutkan kehidupan keturunannya. Penghidupan yang baik ini sangat bergantung dengan pendidikan yang diperoleh. Semua pun sepakat dengan hal ini. Pendidikan menjadi proses belajar yang mampu mengubah pandangan dan perilaku sehingga membawa harapan, bahwa kehidupan anak-anak di masa depan menjadi lebih baik.

Kita bisa menyaksikan di berbagai sudut di dunia, para orang tua bekerja keras agar anak-anaknya menempuh jenjang pendidikan di lembaga pendidikan setinggi mungkin. Kelas-kelas parenting pun seringkali penuh dengan mereka yang menyadari bahwa dasar pendidikan berasal dari rumah. Para orang tua ini menyadari bahwa dirinya perlu juga belajar cara pengasuhan yang tepat agar menjadi ayah dan ibu terbaik bagi buah hati.

Mengenai pilihan sekolah, banyak orang tua yang meneliti begitu detil kualitas lembaga yang akan menjadi tempat belajar banyak hal anak-anaknya. Detil ini dimulai dari meneliti seberapa banyak biaya yang dibutuhkan, metode pembelajarannya, program sekolah, bahkan rencana pengembangan sekolah tersebut. Bahkan, beberapa orang tua meneliti lebih dalam untuk banyak hal mengenai pilihan sekolah ini.

Sebagai sahabat dalam pengasuhan, banyak sekolah yang juga memadukan pendidikan karakter dengan kelas parenting yang diberikan untuk orang tua siswa. Sebuah tujuan mulia yang berdasar pada kesadaran komunal insyaallah akan memudahkan tercapainya harapan pencapaian kualitas generasi yang semakin baik. Sekolah yang menggandeng parenting sebagai aktifitas bersama orang tua di antaranya adalah sekolah alam. Satu atau dua orang narasumber biasanya diundang secara rutin untuk mendampingi kelas-kelas parenting yang diselenggarakan.

Saga Lifeschool sebagai satu di antara beberapa Sekolah Alam di Bekasi telah menyelenggarakan kelas parenting rutin yang programnya disebut PES atau Parenthood Education Series. Dua kali sebulan, PES diadakan dengan pembagian kelas TK-SD2, SD3-SD5, SD6-SBS2, SBS3-SBS6S. Saga Lifeschoolmerasakan perubahan signifikan dalam diri peserta didik ketika guru dan orang tuanya memiliki prinsip pengasuhan yang sama. Siswa menjadi lebih kreatif, berani, memiliki inisiatif, dan siap untuk menjalani masa akil baligh dengan lebih baik. Semoga semakin banyak sekolah yang bekerjasama dalam pengasuhan bersama orang tua di kelas-kelas parenting.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...